Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran diturunkan dari profil lulusan, mengacu pada hasil kesepakatan dengan asosiasi penyelenggara program studi sejenis dan organisasi profesi, dan memenuhi level KKNI, serta dimutakhirkan secara berkala tiap 4 s.d. 5 tahun sesuai perkembangan ipteks dan kebutuhan pengguna.

  1. Menganalisis konsep-konsep teoritis serta aplikasi ilmu Pendidikan Islam anak usia dini yang integrative.
  2. Menerapkan prinsip-prinsip perkembangan anak dari lahir sampai usia 8 tahun pada semua domain perkembangan, dengan tetap mengakui dan menghargai keunikan perkembangan setiap anak.
  3. Menguraikan konsep teoritis dan mengaplikasikan teori bermain untuk mendukung pembelajaran dan perkembangan anak secara holistic dan integrative.
  4. Menerapkan konten tarbiyah dan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan, budaya, dan Bahasa anak serta menggunakan desain pembelajaran yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh.
  5. Merancang kurikulum dan mengelola iklim lingkungan belajar serta sumber belajar yang berpusat pada anak, berkebhinekaan, inklusif, nyaman, aman, dan sehat sehingga anak-anak dapat belajar, bermain, dan berkembangan secara optimal.
  6. Merancang perencanaan, observasi, asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang adil, obyektif dan terukur untuk mendukung pembelajaran dan perkembangan anak.
  7. Berkomunikasi secara efektif dengan anak, kolega, keluarga, dan masyarakat, serta mendukung dalam upaya keterlibatannya dalam meningkatkan kualitas Pendidikan anak usia dini.
  8. Menampilkan perilaku yang mencerminkan kematangan moral, emosi, dan spiritual sesuai dengan etika professional, serta menerapkan pemecahan masalah, budaya refleksiketerampilan ilmiah, dan pemikiran kreatif dalam pengasuhan dan Pendidikan anak usia dini.
  9. Mendayagunakan sumber daya teknologi dan informasi, organisasi profesi, dan jejaring yang lebih luas untuk mengembangkan diri, beradaptasi dengan situasi perubahan yang dihadapi, serta meningkatkan pembelajaran awal.