KERJASAMA PROGRAM VISITING LECTURER PIAUD UIN YUNUS BATUSANGKAR

Dosen Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Prodi PIAUD) UNUGIRI mengikuti Program Visiting Lecturer yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Selasa (14/03/2023). Visiting Lecture ini dihadiri oleh perwakilan dosen dari kampus berhombased Prodi PIAUD baik kampus swasta maupun Negeri seluruh Indonesia, ada dari UNUGIRI Bojonegoro, UIN Sumatera Utara, UIN Sunan Ampel, IAIN Fattahul Muluk Papua, IAIN Kudus dan UIN Walisongo Semarang. Kegiatan ini masih merupakan bagian dari agenda pertemuan Asosiasi Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD) pada RAT III dan Seminar Internasional Tahun 2023.

Program Visiting Lecturer dilaksanakan dalam waktu yang cukup singkat, namun demikian semua kegiatan yang telah dirancang dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan Research Sharing dengan para mahasiswa sangat menyenangkan. Antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh mahasiswa dan para dosen selama diskusi. Sistem pendidikan anak usia dini yang berbeda menjadi pembahasan yang menarik. Visiting Lecture ini, terbagi menjadi empat mata kuliah Keprodian PIAUD meliputi Metode dan Strategi Pembelajaran AUD, Neurosains, Pengelolaan Lingkungan Belajar, dan Pengembangan Bahasa dan Literasi AUD. Pada kesempatan ini, dari Prodi PIAUD UNUGIRI diwakili oleh Ahmad Farid Utsman, M.Pd.I., salah satu Dosen PIAUD UNUGIRI Bojonegoro yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan paparannya mengenai Pengelolaan Lingkungan Belajar di kampus tersebut.

Foto: Laila 2023

Pak Farid sapaan akrabnya menyampaikan materi dengan mengusung tema “Pengelola Lingkungan Belajar” (teori dan praktis penerapan pembelajaran di PAUD). Beliau memaparkan cara me-manage lingkungan belajar dan problematika Pendidikan Islam Anak Usia Dini diera digital. “Seorang Calon guru PAUD harus smart dan bisa mengelola lingkungan belajar yang “Pas dan Pantas” sesuai dengan zamannya anak. Agar (orangtua) bisa menjadi support system yang maksimal atau optimal untuk tumbuh kembang anak usia dini.,” tutur beliau. Pertukaran akademik atau transfer of  knowledge yang terjadi telah memperkaya wawasan serta keinginan untuk selalu mengembangkan diri. Diharapkan program ini dapat berkelanjutan dengan melibatkan dosen yang  berbeda serta perguruan tinggi yang lainnya. Dengan demikian dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas Program Studi serta dapat mendukung UNUGIRI menjadi  salah satu World Class University. Lyl/Fkr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *